Informasi Teknologi dan Security

Wednesday, February 19, 2020

Mengenal Lebih Jauh Recycle Bin pada Windows


Yoo kawan-kawan otaku-it disini mimin mau share ilmu tentang recycle bin nih, pertama apa sih Recycle Bin itu? Recycle Bin merupakan sebuah folder yang diciptakan oleh windows untuk digunakan menyimpan file/folder yang terhapus. Namun tanpa kita tau sebenarnya dimana letak recycle bin itu berada. Pada dasarnya recycle bin dibuat oleh system disetiap drive yang kita miliki dan nantinya akan diakses oleh folder recyclebin yang terdapat di drive C, jadi pada saat Recycle Bin dibuka, ia akan membuka semua recycle bin yang terdapat pada semua drive internal yang ada. Namun pada saat pembuatanya system sengaja membuat Recycle Bin pada drive dihide. Namun tidak menutup kemungkinan Recycle bin yang terdapat disetiap drive dapat dibuka dengan mengaksesnya secara langsung atau dengan menggunakan cmd seperti contoh berikut ini:

Mengakses Recycle Bin secara langsung:
sebenarnya mengakses Recycle Bin secara langsung yaitu dengan meng unhide semua folder hal ini mengakibatkan semua folder yang disembunyikan oleh system akan ditampilkan, seperti cara dibawah ini:
buka options File-Change folder and search options

lalu klik bagian view dan centang Show hidden files, folder and drivers.

Maka semua file/folder yang ke hide akan terlihat
Namun dengan catatan file/folder yang dibuat oleh system tidak bisa dibuka sembarangan.


Mengakses Recycle Bin dengan menggunakan CMD
Adapun cara untuk mengakses datanya tanpa langsung melihat foldernya yaitu dengan menggunakan cmd, untuk mengaksesnya dapat menggunakan perintah cd, namun drive C dan lainya beda cara aksesnya misal pada C data akan disimpan pada folder $Recycle.bin namun selain itu data akan disimpan pada folder $RECYCLE.BIN. Seperti contoh ketika saya ingin mengakses Recycle bin pada drive E maka saya akan mengeceknya dengan perintah:
E:\>cd $RECYCLE.BIN

namun ketika kita menjalankan perintah dir untuk mengecek semua file yang ada di $RECYCLE.BIN maka tidak ada folder/file yang tertera namanya seperti gambar dibawah ini

digambar diatas hanya diberitahukan jika terdapat directory yang free dan file, disini kita asumsikan terdapat sebuah folder/file yang tidak memiliki nama dan dapat diakses dengan cara shortcut pada cmd yaitu dengan menekan tab dan akan memberikan sebuah folder seperti berikut:
contoh nama folder(S-1-5-21-4140795488-339084970-1358650676-1001)

maka kita telah mengakses folder Recycle Bin yang dimiliki oleh drive saat ini.

sekian pembahasan dari saya jika ada pertanyaan dapat berkomentar dibawah ini
selamat mencoba /('-')/\('-')\ admin@zee

No comments:

Post a Comment